Senin, 20 April 2009

What is Marketing

. Senin, 20 April 2009

Sebelum memahami lebih jauh tentang pemasaran, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu pemasaran.

Istilah pemasaran kelihatannya mudah untuk dimengerti, namun banyak yang keliru dalam mendefinisikan istilah pemasaran. Kebanyakan orang mengenal pemasaran dari sebagian kegiatan-kegiatan pemasaran, seperti periklanan, penjualan, diskon-diskon dll.

Masih terlalu sempit apabila kita hanya melihat aktivitas pemasaran dari sudut pandang tersebut. Mengapa ? Karena kegiatan tersebut hanyalah sebagian dari aktivitas-aktivitas dalam pemasaran.
Jika Anda melihat dari sudut pandang tersebut, Anda tidak salah. Sebagian orang melihat pemasaran dari sudut pandang yang berbeda. Untuk memahami pemasaran, terlebih dahulu akan kita bahas definisi pemasaran.

Pemahaman tentang pemasaran masih berbeda-beda, bahkan oleh para ahli itu sendiri. Definisi tentang pemasaran masih terlalu sulit untuk dijelaskan dengan satu atau dua kalimat. Bahkan seorang profesor pun kalau ditanya tidak ada yang memberikan suatu definisi yang pasti. Memang istilah marketing telah mengalami perubahan definisi dari waktu ke waktu.

Namun yang jelas, pemasaran pada intinya adalah strategi atau usaha-usaha untuk memperoleh keuntungan melalui penjualan dengan cara memuaskan pelanggan.

Mungkin definisi ini berbeda dengan definisi-definisi yang dikemukakan para ahli pemasaran. Pengertian pemasaran tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

Pertama adalah ‘strategi’. Strategi yang dimaksudkan di sini adalah usaha jangka panjang, bukan jangka pendek. Strategi melibatkan manajemen atau suatu proses. Prosesnya dimulai dari perencanaan. Karena merupakan strategi jangka panjang maka urusan marketing tidak bisa diserahkan kepada staff atau bawahan. Urusan marketing menjadi urusan manajemen karena bersifat strategis.

Kedua adalah keuntungan. Strategi marketing harus memperoleh keuntungan. Keuntungan akan menjamin perusahaan untuk hidup panjang. Tanpa ada keuntungan perusahaan akan mati. Prinsipnya adalah biaya-biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan pemasaran harus memberikan hasil berupa keuntungan bagi perusahaan.

Ketiga adalah melalui penjualan. Mengapa penjualan ? Kalau melakukan atau menyusun strategi tapi tidak ada penjualan, maka percuma lah srategi-strategi yang disusun. Pendapatan dan keuntungan akan dapat diraih kalau ada penjualan.

Bila berbicara mengenai penjualan, masih banyak yang berpikir dan fokus pada apa yang dijual atau dipasarkan. Pemasaran tidak sekedar bicara apa yang dijual atau atau jasa apa yang diberikan, tapi lebih luas dari menjual yaitu memberikan manfaat atau sesuatu yang bermanfaat kepada permintaan-permintaan konsumen yang terus-menerus mengalami perubahan.

Dan yang keempat adalah memuaskan pelanggan. Semua tersebut di atas dapat dicapai dengan cara memuaskan pelanggan. Jika pelanggan puas mereka akan membeli lagi, loyal kepada produk atau perusahaan dan akhirnya pelanggan yang puas akan merekomendasikan kepada orang lain.
Untuk memuaskan pelanggan, Anda harus memahami apa yang dibutuhkan pelanggan, kemudian memenuhi kebutuhannya tersebut.

Kalau perusahaan bisa menyediakan jasa yang sesuai dengan permintaan konsumen terkini, maka pada akhirnya penjualan akan menjadi langgeng karena akan dibutuhkan oleh konsumen.

0 komentar:

Posting Komentar